Selamat datang di blog Anugerahku Berkarya. Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan untuk kembali lagi. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
Selamat membaca di blog Atika Fauziyyah. Semoga bermanfaat.

Kamis, Juli 07, 2011

3 Surat Terakhir Al Qur'an yang Istimewa

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Saudara seiman sekalian yang dirahmati Allah pasti tahu dong 3 surat terakhir pada Al Qur’an ? Yap, benar sekali surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas. Wah, kenapa bisa istimewa ya? Tahukan kalian saudara seiman? Karena surat ini adalah surat pendek yang sering sekali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW untuk segala perlindungan, tentu tidak terlepas dari amalan-amalan Islam. Terutama Al Ikhlas bagaikan membaca sepertiga Al Qur’an(HR Imam Ahmad). Subhanallah. Rasulullah SAW bersabda : “Qul a’udzubirabbil falaq” dan “Qul a’udzubirabbin nas”; dua surat ini.” HR. Ahmad dan dinilai sahih oleh Syaikh al-Albany.
            Hadist ini memberikan pelajaran pada kita bahwa dua surat di atas adalah sebaik-baik bacaan perlindungan. Walaupun keduannya telah dihafal oleh banyak kaum muslimin, namun anehnya tidak sedikit diantara mereka yang berKTP Islam, lebih memilih menghafal jampi-jampi yang diberikan kepada mbah dukun, atau mengamalkan wirid-wirid dan hizib-hizib yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah SAW untuk perlindungan. Atau sebagian dari umat muslim mungkin tidak banyak membaca kedua surat tersebut. Menganggap sepele karena hanya surat pendek. Surat Al Qur’an apa pun itu semuanya sangat penting kawan, hanya tergantung pada orang tersebut mau mempelajarinnya atau tidak. Wah, rugi ya jika kita acuh tak acuh pada ajaran agama sendiri?? Ilmu padahal, Astaghfirullah.
Ini beberapa momen agar kita senantiasa membacanya, mau tahu kan??  :
1.    Setiap pagi dan sore
Suatu malam yang gelap gulita dan hujan, Abdullah bin Khubaib radhiyllahu’anhu mencari beliau agar mengimami shalat. Ketika sudah bertemu, beliau bertanya padanya sudahkah ia shalat atau belum. Ia pun tak menjawab hingga Beliau bertanya 3 kali pun tidak dijawab. Ia pun bertanya pada Beliau apa yang harus ia jawab. Beliau pun menjawab (“Qul huwallahu ahad” dan “al  Mu’awwidzatani(Surat Al Falaq dan An Nas)” di sore dan pagi hari tiga kali, niscaya itu akan melindungimu dari segala sesuatu.) Cerita ini dari HR. Abu Dawud dan isnadnya dinyatakan hasan oleh Syeikh Ibn Baz.
2.    Setelah shalat lima waktu
Uqbah bin Amir radhiyllahu’anhu berkata “Rasulullah SAW memerintahkanku untuk membaca al-mu’awwidzat (Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas) seelah setiap shalat.” HR. Abu Dawud dan sahih oleh Ibn Khuzaimah.
3.    Sebelum tidur
Aisyah radhiyllahu’anha menuturkan “Setiap malam jika Rasulullah SAW beranjak ke peraduan, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya kemudian meniup nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah lalu membaca, “Qul huwallahu ahad”, “Qul a’udzubirabbil falaq” dan “Qul a’udzubirabbin nas” kemudian mengusapkan kedua tangannya ke seluruh bagian tubuh yang bisa dicapai. Di mulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya tiga kali.” HR. Bukhari .

Selain dituntun untuk mempraktekannya sendiri, seyogyannya kita juga berusaha membiasakan diri kita untuk mengamalkan ibadah ini. Tidak sulit bukan? Banyaknya fenomena kesurupan massal di berbagai sekolah ternyata kebanyakan korbannya kaum muslimin. Astaghfirullah bisa jadi karena mereka sering melupakan amal ini. Semoga kita tidak termasuk orang yang merugi, Na’udzubillah.

Siapa si yang tidak ingin “dibuatkan ISTANA SURGA jika mengucapkan ketiga surat tersebut sebanyak 10 kali” ?? (HR. Imam Ahmad) Subhanallah. Allah memang indah sekali. 

Oleh Atika Fauziyyah

2 komentar:

SERIUS 1011 mengatakan...

Beauty Blog
Makasih untuk nasihatnya.

Atika Fauziyyah mengatakan...

Sami-sami. Semoga bermanfaat.

Poskan Komentar